ARTIKEL

Senin, 18 Agustus 2008

Brainstorming

Brainstorming butuh novelty, butuh sesuatu yang fresh. Ketika kita melakukan brainstorming, maka kita secara aktif menggunakan salah satu sisi dari otak kita, menggunakan cara berfikir ‘divergen’ yang imajinatif, playful dan fun. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengistirahatkan bagian otak kita yang lain, yang berfikir dengan cara ‘konvergen’ yang analitis dan menghakimi. Kenapa? Karena keduanya takkan pernah bisa berjalan secara bersamaan!

Dalam brainstorming yang benar, ada komitmen yang harus dipenuhi:
1. “NO NEGATIVE” : Artinya, setiap anggota yang terlibat dalam brainstorming itu tak boleh berkata dan atau berfikir negative tentang ide – sebodoh apa pun – yang dilemparkan di forum. Ngga ada kata-kata mencela, mengkritik, menjatuhkan. Semua yang angkat bicara harus mencoba untuk mengembangkan ide yang dilemparkan. 2. “NO BAD IDEA”: tahukah anda, penemuan-penemuan besar di dunia ini dimulai dari ide yang kelihatanya sangat bodoh? Ingat, the most original thing on earth was ugly. Contohnya ya.. kita semua ini waktu baru lahir… original and ugly.. (coba deh tanya nyokap..;)
3. “NO RULE”: bersikap bebaslah ketika melakukanya, sebab anda tak akan dihakimi, tak boleh dibatasi, tak bisa dikekang. Dalam brainstorming yang sesungguhnya, kita bebas menjada apa dan siapapun. Inilah yang memungkinkan terlemparnya the most craziest idea ever!

Tidak ada komentar: