ARTIKEL

Kamis, 27 Desember 2007

IKLAN: A MIRROR ON THE WALL

A. KONSTRUKSI REALITAS DAN MAKNA
v Sebuah kerangka referensi adalah sebuah skema interfretensi dimana kisah-kisah tentang dunia dimana kita berada diorganisir, dan bisa dimengerti dengan jelas.
v Iklan itu adalah cermin masyarakat A Mirror On The Wall, yang lebih menampilkan tipuan-tipuan yang halus dan bersifat terapetik daripada menampilkan refleksi-refleksi raelitas sosial.

B.REPRESENTASI
v Representasi sebagai sebuah proses sosial dari representing
v Representasi sebagai produk dari pembuatan tanda yang mengacu pada sebuah makna.
v Dalam proses representasi ada tiga elemen yang terlibat:
-5-
ü Sesuatu yang direpresentasikan sebagai obyek,
ü Representasi itu sendiri yang disbut tanda,
ü Seperangkat aturan yang menentukan hubungan tanda dengan pokok persoalan atau disebut coding .


C.SIMULASI DAN SIMULAKRUM
v Realitas dalam iklan lebih bersifat simulasional daripada representasional, simulasi ini menggambarkan sebuah visi tentang dunia yang ditransformasikan melalui imajinasi-imajinasi.
v Simulasi adalah model realitas tanpa yang asli atau tanpa realitas.
v Simulasi adalah hasil evolusi degeneratif dari cara-cara representasi, dimana tanda-tanda menjadi semakin kosong akan makna.

Tidak ada komentar: