ARTIKEL

Kamis, 29 November 2007

PERIKLANAN YANG EFEKTIF

PERIKLANAN YANG EFEKTIF
(CLEVER ADVERTISING)



Mengenali Target Audiens
Membedakan keuntungan atau layanan unik
Menentukan pasar dan Target Audiens
- sex, nationality, etc
- mengapa konsumen membeli, dll
Memutuskan untuk memilih atau mengejar audiens/ konsumen
Periklanan untuk memperbaiki target audiens

Membuat Anggaran
Mengetahui kelebihan dan kekurangan pengeluaran iklan
Me-alokasi dana iklan
Berapa yang harus dikeluarkan untuk dana iklan? (jika beriklan dengan benar maka akan menerima feedback dari konsumen baik pula, yang artinya semakin banyak anda mengiventasikan dengan bijaksana semakin anda akan menerimanya kembali)
Pengembalian apa yang anda harapkan dari audiens/ konsumen
Biaya kampanye periklanan
- Pengiklan terbagi atas 2 kategori :
Mereka yang membuat perencanaan anggaran
Mereka yang membeli periklanan secara impulsive.
- Anggaran periklanan harus dibagi untuk beberapa bulan atau event-event tahunan
- Membuat anggaran = siap meningkatkan pekerjaan
- Anggaran periklanan sebaiknya untuk beberapa media
- Buat anggaran dengan pengeluaran min 4% dari perputaran (turnover) tahunan untuk periklanan
- Berhati-hati dengan kelebihan dan kekurangan pengeluaran
- Uang lebih = untung lebih.



Memilih Media untuk Beriklan
(TV, Radio, SuratKabar)

Beriklan di TV
Pikirkan tentang :
Detik yang vital (moment Visual)
Jumlah waktu penayangan iklan
Iklan nasional dan local
Iklan pertama dan terakhir, pada waktu penayangan
Waktu-waktu audiens menonton
Perhatian 100%
Nilai dari gambar-gambar
Pemilihan Stasiun TV
Pengulangan yang menjual (pick up your socks)
Beberapa jebakan umum
Menghubungkan Produk dengan konsumen
Hati-hati terhadap periklanan dengan zone
Spot rate
Pastikan anda memiliki iklan yang tepat “tidak ada cukup penekanan pada kualitas dan kreativitas iklan-iklan TV”

Beriklan di Radio
Teater dalam benak
Perhatikan demografi
Perhatikan waktu-waktu siaran/ shift
Jangan terlalu banyak bereksperimen. “terlalu banyak gangguan dan terlalu sedikit daya tarik akan mengakibatkan pemindahan yang cepat ke stasiun radio yang lain
waktu-waktu siaran mana yang paling efektif
Stasiun mana yang harus anda pilih


Beriklan di SuratKabar
Watch about :
Iklan baris atau iklan gambar
Di SuratKabar mana?
Pada hari apa?
Di bagian mana saya harus memasang iklan ?
Berikan kata yang menjual!




Presentasi Iklan

Perhatikan karena kita yang beriklan
Perhatikan Paket periklanan yang ditawarkan
Perhatikan Insentif yang ditawarkan
Bonus Spot
Fillers/ daftar isian
Repeats/ pengulangan
Perhatikan Sponsorship
Kreatif presentation



Rating itu apa !

Untuk menawarkan :
Hasil multi mingguan dan frekuensi
hasil rata-rata program dan frekuensi
hasil dan frekuensi
pasang surut
program-program top
analisis tiap 15 menit
Bagian 15 menit dan rata-rata
Audiens kumulatif
Audiens kumulatif dan rata-rata/ multi stasiun
lamanya mendengarkan
audiens potensial atau eklusif

why TV use people meter ?
- Membeli iklan berdasarkan rating
- Mengintepretasikan

Ide yang tepat membuat iklan anda kelihatan menonjol, seperti :
- tetaplah single jangan plural (hanya ada anda dan audiens)
- pentingnya sebuah tema/ mencipta tema
- keahlian multi : tentang kualitas
- use keyword, visual, song


MENULIS NASKAH IKLAN YANG BAGUS

Copywriter adalah mereka yang memiliki keahlian jauh diatas rata-rata dan mungkin karya mereka jauh lebih bernilai dari bagian yang mereka terima, tetapi mereka mencintai pekerjaan mereka.

Naskah iklan yang bagus merupakan suatu seni. “ tidak ada yang bisa mengajarkan menulis naskah iklan dengan berinspirasi dari buku-buku pelajaran (textbook)”
Copywriter dapat meramalkan sejauhmana kampanye periklanan dapat berhasil sesuai naskahnya
Copywriter yang baik akan diberikan kesempatan berkarya dan waktu untuk menghasilkan tema yang cerdik, contoh untuk iklan radio, biasanya 30-40 tema
Copywriter yang baik menggabungkan detail-detail khusus
naskah lengkap dibaca seksama sebelum memulai produksi




Copywriter naskah iklan pada SuratKabar
Tonjolkan keuntungan produk untuk copypoint (petunjuk naskah)
Buat eyecatching, jika beruntung anda akan mendapat pertanyaan oleh pembaca sebagai respon, pembaca ingin tahu.

Copywriter untuk naskah iklan Radio
Iklan radio yang efektif adalah iklan yang dikerjakan dengan cerdik dan menjual!

Copywriter untuk naskah iklan TV
Be Watched!




Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Naskah Iklan :


Jumlah Kata dalam membuat naskah iklan
Sekitar 90% dari iklan memiliki masa putar 30 detik (tetapi tidak ada yang lebih baik dari kenyataan)
Masa putar 30’ detik adalah standar, itu biasanya terdiri dari :

60 – 70 kata :
Untuk naskah iklan yang mengutamakan perasaan santai, ideal untuk iklan yang lembut, penjualan “soft sell”, seperti yang anda harapkan dari iklan. Berilah istirahat karena ini penting dan tekanan sebaiknya ditempatkan pada kata-kata kunci untuk mencapai kesan yang sedang anda cari.

70 – 80 kata :
Untuk naskah iklan dengan masa putar rata-rata 30 detik, cocok untuk sejumlah besar iklan, bisa dibaca dengan enak.

80 – 90 kata :
Untuk iklan yang dibaca dengan agak cepat “hard sell” digunakan untuk iklan yang membawa pulang pesanannya.










Format Naskah Iklan

Bentuk naskah Iklan radio

Klien :
Product :
Versi :
Durasi :

Naskah
A : (sfx)……
B :….,….




Naskah Iklan TV

Visual
Audio
SFX

- Naskah iklan harus menggunakan “hook” (pengait) sebagai introduksi pada iklannya, peran hook untuk menarik perhatian para penonton/ para pembaca
Contoh : - Anda sudah tahu bahwa…?
- Jika…!
- Mengapa…?
- Hook dapat digunakan dalam bentuk efektif seperti sebuah pemberitahuan
Contoh : - ini sudah terbukti!
Perhatian…informasi…(pokoknya yang bombastislah)

- Hook juga digunakan untuk membuat suatu pernyataan kepada audiens untuk segera menyetujuinya
Contoh : Menyewa uang adalah pemborosan kenapa enggak beli sendiri?
- Hook juga bisa menggunakan satu kata
Contoh : Gratis !, Hemat!, Sekarang!, dll

Hook adalah suatu alat untuk meraih dan menarik perhatian audiens, harus digunakan dalam penulisan naskah.






Body/ Isi naskah iklan

Tempat untuk berpromo
Memberi pengaruh-mempesona audiens
Keuntungan-keuntungan vital untuk konsumen
Memproyeksikan keuntungan produk dan juga iklan dapat tidak mencapai sasaran audiens
Harus kuat, pandai, punya dampak dan meninggalkan kesan kuat
Gunakanlah adjective verb untuk meraih atau menguraikan sesuatu, gambar-gambar, diagram untuk memperkuat kesan ataupun humor dan harus lucu!


Call to Action
(panggilan untuk konsumen, agar membeli produk)
- Untuk respon pembaca, gunakan istilah : Ada di…, Bergesgaslah…!, Penaaran ini berlaku hanya…!
- Hindari kelebihan no/ angka numeric ataupun no telepon kecuali itu hotline.
- Jangan menggunakan kata klise (clichés)

Testimonial
(penghargaan merupakan arti yang berguna untuk mendapatkan suatu tanggapan)
- Gunakanlah grabs (tangkapan konsumen)


Petunjuk yang harus diingat oleh Copywriter

Persiapkanlah waktu untuk suatu tema yang cerdik
Berikan petunjuk mengenai naskah
Iklan harus menjadi “magnet”
Berimajinasilah !
Gunakan kata adjektif
Hindari suatu aturan apalgi mengikat dan keras
Jangan dipenuhi kata-kata yang enggak berguna, dampak iklannya kecil sekali
Jumlah kata sesuaikan
Naskah harus punya hook
Hook untuk meraih dan menarik audiens

Tidak ada komentar: